Belajar Appearance Panel di Adobe Illustrator

Hallo sobat desain grafis. Balik lagi nih di website Saidoen.com, website yang memberikan tips dan trik dalam belajar desain grafis. Nah, kali ini saya akan menjelaskan singkat mengenai Belajar Appearance Panel di Adobe Illustrator. Artikel ini cocok untuk kalian yang masih tahap belajar illustrator.

Artikel ini masih terhubung dengan artikel saya yang pertama, yaitu Tahapan Belajar Adobe Illustrator, Mudah dan Cepat! Kalian bisa baca terlebih dahulu.

Nah, diartikel ini saya akan menjelaskan apa itu Appearance Panel?, bagaimana cara kerjanya?, dan apa hubungannya dengan objek yang kita buat?.

Jadi, langsung saja saya mulai pembahasannya….

Apa itu Appearance Panel?

Appearance Panel merupakan sebuah panel pengaturan dimana kalian dapat mengedit dan mengubah efek yang sudah kalian buat pertama kali. Nah, biasanya jika kalian akan mengubah efek pada objek, kalian mesti akan kembali ke menu efek yang kalian kerjakan sebelumnya.

Hal itu tidaklah perlu. Karena malah akan menambah efek pada objek menjadi lebih banyak, dan nantinya sulit untuk diatur.

Nah, jika kalian ingin mengedit kembali pengaturan efek pada objek, kalian tinggal menuju ke Appearance Panel. Tampilan nya akan seperti gambar dibawah ini.

belajar-appearance-panel-di-adobe-illustrator-1

Ini adalah tampilan Appearance Panel sebelum terdapat pengaturan objek yanga ada. Kalian bisa membuka Appearnce Panel pada menu WindowsAppearance Panel.

belajar-appearance-panel-di-adobe-illustrator

Bagaimana Cara Kerja Apperance Panel?

Nah, dalam belajar Appearance panel di adobe illustrator ini, kalian juga harus tahu bagaimana cara kerja dan penerapan Appearance panel pada pegaturan objek.

Ayo coba kita praktekkan pada lembar kerja adobe illustrator.

Saya akan membuat obejk sederhana, lihat gambar dibawah ini.

Nah, pada objek persegi panjang diatas saya menggunakan efek 3D Extrude & Bevel dan Drop Shadow. Kalian bisa melihat pada panel appearance, efek yang saya pakai akan muncul pada panel ini. Jika kalian ingin mengeditnya kembali, kalian tinggal klik pada efek nya.

Di Appearance Panel, kalian juga bisa menambahkan efek baru, stroke baru, dan file baru. Kalian bisa lihat icon kecil di bagian bawah sebelah kanan.

Apa hubungan Apperance Panel dengan objek?

Appearance panel memberikan kontrol yang baik dari tampilan objek di adobe illustrator serta memungkinkan pengguna buat menciptakan penampilan komplek dari basic path. Bila Kalian menggambar bentuk di Illustrator serta membuka Appereance panel, Kalian bisa melihat illustrator menunjukkan isian baru- baru ini serta stroke di objek yang dipilih.

Seluruh filter yang diterapkan pada adobe illustrator dari efek menu, akan ditampilkan pada panel appearance. dan semua itu, kalian dapat membuat adjustmen untuk efek yang diterapkan.

Apa yang membuat appearance panel menjadi powerful, ialah kalian dapat menetapkan sebagian stroke, isian, serta efek buat objek tunggal, membuat desain rumit yang luar biasa pada basic path.

Nah, segitu dulu pembahasan mengenai belajar appearance panel di adobe illustrator dari saya. Jika kalian masih bingung atau kurang jelas dengan apa yang saya paparkan diatas, kalian bisa komen dibawah. Kalian juga bisa belajar lewat youtube atau platform lainnya untuk menambah ilmu dan wawasan. Terim kasih!

Satu pemikiran pada “Belajar Appearance Panel di Adobe Illustrator”

Tinggalkan komentar