4 Tahap Belajar CorelDRAW Untuk Pemula, Langsung Bisa!

Say Hello untuk para pembaca. Mungkin kalian bingung untuk memulai belajar CorelDRAW.

Harus mulai dari mana?

Bagaimana cara kerjanya?

Memang agak sulit jika untuk pemula, saya sebagai penulis juga dulu mengalaminya. Apalagi dulu saya hanya lulusan SMA jurusan IPS. Pelajaran TIK saja saya kurang mengerti.

Apalagi di era millenial sekarang, desain grafis sangat diminati oleh banyak kalangan. Terutama kaum muda millenial.

Sekarang banyak perusahaan yang mencari desainer-desainer baru, untuk ikut dalam tim mereka. Alasannya sangat singkat, karena anak muda sekarang lebih kreatif dan inovatif.

Jangan khawatir, saya akan share pengalaman saya belajar CorelDRAW dari awal sampai mahir. Sebenarnya inti dari semua itu adalah kalian yang baru ingin belajar harus memiliki 3 hal ini, BULATKAN TEKAD, OPTIMIS, & SABAR. 

Dalam artikel ini, saya akan memberi tips Belajar CorelDRAW dengan mudah dan santai.

Mari kita mulai.

1. Kenalan dulu sama CorelDRAW

Belajar CorelDRAW

Siapa yang gak tau software CorelDRAW?

Semua orang yang berkecimpung di dunia desain grafis, pasti sudah mengetahui software tersebut.

CorelDRAW merupakan software desain grafis yang berbasis vektor yang dikembangkan oleh Corel. Sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada.

Software ini sangat mudah digunakan, tampilan interfacenya juga sangat nyaman. jadi bisa dibilang user-friendly. Banyak sekali versi sofware CorelDRAW, dari X3 sampai yang terbaru yaitu X8. Kalau saya sih pakainya yang versi X7.

Tapi pada versi terbarunya, yaitu CorelDRAW X8. Disediakan fitur yang memungkinkan kalian dapat mengedit Workspace, atau bisa dibilang kalian dapat mengatur lembar kerja sesuai dengan kehendak kalian. Ini sangat berguna. Apalagi sekarang kalian juga bisa save desain kalian menggunakan format Adobe Illustrator.

Kenapa kok penulis ngga pakai yang X8 aja?

Jawaban saya mudah…..

Karena udah terlanjur sayang sama yang X7. Hahaha…..

2. Setelah Itu Pahami

Setelah kalian mengenali software CorelDRAW itu sendiri. Kalian akan masuk pada bagian memahami apa saja yang ada dalam software tersebut.

Sebelum praktek, pastikan kalian sudah punya softwarenya terlebih dahulu. Kalau belum punya kalian bisa download di sini.

Setelah sudah di install, kalian akan Menemukan tampilan awal seperti ini.

Belajar CorelDRAW

Ini adalah tampilan awal CorelDRAW X7, namanya “Wellcome Screen”.

Untuk membuat kertas kerja baru, kalian pilih “New Document”. Akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

Belajar CorelDRAW

Tinggal kalian atur sesuai kebutuhan kalian.

Setelah kalian mengetahui bagian awalnya. Kalian juga harus mengetahui tentang bagian-bagian yang ada di Corel serta fungsi masing-masing bagian tersebut. Seperti Tittle Bar, Tools Box, Menu Bar, Drawing Page, Docker, dan masih banyak lagi.

Jika kalian belum mengerti tentang bagian-bagian itu. Saya sudah mempersiapkan artikel yang berjudul “Bagian-Bagian CorelDRAW X7 beserta Fungsinya” yang akan memudahkan kalian belajar corelDRAW dengan cepat.

3. Pelajari Tools dan Shortcut

Salah satu kelebihan CorelDRAW dari shoftware desain lainnya adalah, lebi mudah dipahami. Tampilan antar muka yang sangat nyaman dan user friendly, membuat CorelDRAW banyak menjadi primadona bagi designeer-designeer profesional dan amatiran.

Banyak juga designeer Indonesia yang menggukan CorelDRAW untuk kebutuhan desain grafis mereka.

Tapi, bukan berarti kalian dapat mempelajarinya dengan gampang. Butuh waktu dan jam terbang yang cukup untuk kalian bisa menjadi designeer handal dengan CorelDRAW. Kalian juga harus membelajari tools-tools yang ada di corel. Karena itu sangat penting.

Tools ini berfungsi memudahkan kita untuk membuat garis dan yang lainnya.

Pelajari juga shortcut key yang ada di CorelDRAW. Shortcut key adalah jalan pintas/cara cepat menjalan suatu perintah pada CorelDRAW. Bagian ini hanya opsional, anda dapat melewatinya. Tujuan dari mempelajari shortcut key ini adalah, agar memudahkan kalian dalam menggunakan tools dan efek yang ada pada CorelDRAW.

Jadi kalian tidak perlu susah-susah menggeser mouse untuk mengaktifkan tools yang kalian butuhkan, ini akan sangat mengehemat waktu pekerjaan kalian.

Kalau ibarat Perang, tools adalah senjata dan semua perlengkapan yang akan kalian bawa saat melawan musuh. Sedangkan shortcut adalah strategi jalan pintas untuk memenangkan pertempuran itu. Kalian bisa belajar tools-tools dan shortcut key CorelDRAW X7 di sini.

4. Praktek Langsung

Setelah step by step diatas kalian baca dan pelajari, saya anggap kalian sudah mulai bisa menggunakan CorelDRAW. Sekarang saatnya kalian praktek. Jika kalian masih agak canggung dan kaku dalam menggunakan software Corel, itu wajar karena kalian masih pemula.

Perlu banyak praktek dan jam terbang. Kalau ibarat pisau, jika pisau tidak pernah diasah ia akan berkarat dan susah untuk memotong sebuah benda. Sebaliknya, jika pisau iu terus diasah ia akan menjadi tajam.

Sabar dan optimis itu sangat penting dalam hal ini.

Saran saya. Jika kalian pemula, jangan langsung buat desain yang rumit seperti logo atau typography. Karena malah akan membuat kalian tambah pusing.

Belajar membuat garis dan rectagle, serta teknik shaping dulu. Karena itu akan sangat berguna nantinya. Setelah itu baru coba buat logo sendiri yang simpel. Kalian bisa baca di artikel saya yang berjudul “Membuat Logo Mudah dengan Corel”.

Ya udah, segitu aja tips belajar CorelDRAW dari saya. Kalau masih ada yang kurang jelas, bisa kalian tanyakan di kolom komentar.

Terus belajar dan semangat untuk mencoba hal-hal baru.

Salam designeer…..