Belajar Pathfinder di Adobe Illustrator, Lengkap!

Salam untuk para pegiat desain. Balik lagi nih di Saidoen.com, website belajar desain grafis secara mudah dan gratis. Nah, disini saya akan menjelaskan bagaimana belajar pathfinder di Adobe Illustrator secara lengkap dan pastinya mudah untuk dipahami.

Nah, sebenernya artikel ini masih satu pembahasan dengan artikel saya yang berjudul Tahapan Belajar Adobe Illustrator, Mudah dan Cepat!, jika kalian masih bingung atau ingin lebih mengerti tentang adobe Illustrator. Kalian bisa baca dulu artikel saya yang itu.

Ok, jangan lama-lama saya langsung mulai saja pembahasannya.

Sebelum saya membahas lebih jauh mengenai fungsi dan cara kerja dari pathfinder, alangkah baiknya saya akan menjelaskan sedikit tentang pathfinder itu sendiri.

Apa itu Pathfinder?

Pathfinder merupakan sebuah tools yang ada didalam adobe illustartor yang berfungsi untuk menggabungkan atau memotong sebuah objek gambar atau vektor.

Tool ini termasuk kedalam tool pentingnya Adobe Illustrator, karena memang sangat berguna dan sering digunakan.

Pada dasarnya, Pathfinder tidaklah rumit. Bahkan saya percaya kalian cepat dalam menguasainya. Tool ini sama seperti Teknik Shaping jika di software CorelDRAW.

Pada umumnya tool pathfinder dibagi menjadi dua, yaitu Shape Modes dan satunya Pathfinders. Nah, didalamnya juga masih ada turunan tools-tools lainnya.

Bagian Shape Modes, antara lain :

  • Unite
  • Minus Front
  • Intersect
  • Exclude

Bagian Pathfinders, antara lain :

  • Devide
  • Trim
  • Merge
  • Crop
  • Outline
  • Minus Back

Kalian bisa lihat Gambar dibawah ini.

belajar-pathfinder-di-adobe-illustrator-1

Bagaimana Cara Kerja Pathfider?

Nah, dalam belajar pathfinderdi adobe illustrator ini, saya akan menjelaskan satu persatu dari tools-tools yang ada diatas tadi.

Pertama, untuk memunculkan kotak dialog pathfinder kalian bisa masuk menu Windows – kemudian cari Pathfinder di bagian bawah (atau kalian bisa gunakan shorcut Shift+Ctrl+F9).

Setelah itu, buat 2 objek yang berbeda dengan warna yang berbeda pula, agar mudah untuk mengidentifikasinya.

Nah, disini saya menggunakan objek persegi panjang dan lingkaran, dengan objek lingkaran yang berada di depan objek persegi panjang.

Untuk menggunakan tool pathfinder kedua objek harus di blok terlebih dahulu.

Pertama saya akan bahas mengenai bagian Shape Modes.

Shape Modes

1. Unite

Unite merupakan salah satu tools dari bagian Shape Modes yang berfungsi untuk menggabungkan dua atau beberapa objek menjadi satu objek. Objek yang dihasilkan akan mengikuti warna dari objek yang paling depan.

Catatan, untuk menggunakan Unite harus menggunakan objek vektor.

2. Minus Front

Minus Front merupakan bagian dari Shape modes yang kedua, dan berfungsi untuk menghilangkan objek bagian depan dengan meninggalkan bekas pada objek dibelakangnya, sesuai dengan bentuk objek yang ada didepan.

3. Intersect

Intersect merupakan bagian ketiga dari Shape Modes yang berfungsi untuk membuat objek baru dari perpotongan kedua objek yang dipilih. Kalian bisa lihat gambar dibawah ini.

4. Exclude

belajar-pathfinder-di-adobe-illustrator-6

Exclude merupakan bagian terakhir pada Shape Modes yang berfungsi untuk mendistorsi bagian tengah antara kedua objek yang saling terhubung. gampangannya adalah memotong bagian objek yang bertindihan.

Pathfinders

1. Devide

belajar-pathfinder-di-adobe-illustrator-7

 

Devide merupakan bagian dari Pathfinders yang berfungsi untuk membagi kedua objek pertama menjadi 3 bagian, bagian ketiganya adalah perpotongan kedua objek pertama. Kalian bisa lihat di gambar dibawah ini.

2. Trim

Trim merupakan bagian dari pathfinders yang digunakan untuk  memotong objek yang dibelakang. Dengan bentuk yang sesuai perpotongan kedua objek tersebut.

3. Merge

Merge merupakan salah satu bagian dari pathfinders yang berfungsi memotong objek yang ada dibelakang, dengan bentuk sesuai dengan objek yang ada di depan. Prinsipnya sama seperti trim.

4. Crop

belajar-pathfinder-di-adobe-illustrator-9

Crop merupakan salah satu bagian dari pathfinders yang digunakan untuk memotong bagian tengah antara kedua objek yang saling bertindih. Prinsipnya sama seperti Intersect, tetapi yang membedakan adalah pada compound shape. Crop tidak akan membuat compound shape, sedangkan intersect akan membuat compound shape.

5. Outline

belajar-pathfinder-di-adobe-illustrator-10

Outline merupakan bagian dari Pathfinders yang berfungsi untuk membuat kedua objek menjadi garis tepi. Atau menghilangkan fill yang ada didalam kedua objek tersebut.

6. Minus Back

Minus Back merupakan bagian dari pathfinders yang fungsi kebalikan dari Minus Front, yaitu untuk memotong dan mengilangkan objek dibelakang dan objek yang berpotongan dengan objek diatasnya.

Nah, itu adalah penjelasan dari tools-tools yang ada di dalam pathfinders. Tool-tool itu tidak semuanya akan kalian pakai terus. Karena kebanyakan para designer professionla hanya mengggunakan beberapa saja.

Kalian juga bisa belajar mengenai pathfinders di youtube atau yang lainnya. Sekian pembahasan mengenai belajar pathfinder di Adobe Illustrator dari saya. Jika kalian ingin bertanya, silahkan berkomentar dibawah ya. Terim kasih.

Satu pemikiran pada “Belajar Pathfinder di Adobe Illustrator, Lengkap!”

Tinggalkan komentar