Belajar Teknik Shaping di CorelDRAW, Langsung Jago!

Salam desain. Balik lagi nih! Disini saya bakal ngasih tau ilmu baru buat kalian para pemula di bidang desain grafis, khususnya CorelDRAW. Yaitu mengenai teknik shaping di artikel saya yang berjudul Mudahnya Belajar Teknik Shaping di CorelDRAW.

Ok, Langsung saja saya mulai……

Saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai teknik shaping ini. Teknik Shaping merupakan teknik yang khusus ada di CorelDRAW, yang digunakan untuk membentuk bangun/objek dengan menggabung, memotong, dan membuat irisan pada 2 objek atau lebih.

Ada 7 teknik shaping antara lain, Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front, dan Create Boundary.

Langsung aja, kita bahas satu persatu.

1. Weld

belajar-teknik-shaping-di-CorelDRAW-01

Weld adalah teknik shaping yang digunakan untuk menggabungkan 2 objek menjadi satu. Contohnya seperti ini.

belajar-teknik-shaping-di-CorelDRAW-02

Jika objek sudah memiliki warna, maka objek baru yang dihasilnya teknik Weld warnanya akan mengikuti objek yang kita pilih tertama kali.

2. Trim

Teknik Shaping yang satu ini digunakan unutuk memotong objek yang ada dibelakang objek yang kalian pilih. Polanya akan sesuai dengan bentuk objek yang ada didepannya. Lihat gambar di bawah ini.

belajar-teknik-shaping-di-CorelDRAW-04

Dengan menggunakan teknik Trim, objek pertama (yang dibelakang). Akan terpotong objek kedua (yang bulat). Hasilnya bisa dilihat di objek pertama.

3. Intersect

teknik-shaping-Intersect

Intersect merupakan teknik shaping yang berfungsi untuk membuat objek baru dari perpotongan 2 objek. Contohnya kayak gini.

4. Simplify

teknik-shaping-Simplify

Teknik Simplify sebenarnya hampir mirip dengan Trim. Yaitu pemotongan objek, dengan pola objek yang ada didepannya. Tapi Simplify bisa digunakan untuk objek lebih dari 2.

5. Front Minus Back

Front Minus Back berfungsi untuk pemotongan objek, yang mana objek yang ada di depan akan dipotong oleh objek yang ada dibelakang. Lihat gambar di bawah.

belajar-teknik-shaping-di-CorelDRAW-06

Objek biru berada di depan, dan objek merah berada di belakang. Objek biru akan terpotong oleh objek merah dengan pola sesusai bentuknya. Dan otomatis objek merah langsung hilang.

6. Back Minus Front

Kebalikannya dari Front Minus Front. Dengan Back Minus Front, objek yang ada di belakang akan terpotong oleh objek yang ada di depan. Coba lihat gambar.

Objek biru berada didepan, dan objek merah berada didepan. Objek merah akan terpotong oleh objek biru. Dan otomatis objek biru yang ada didepan akan hilang.

7. Create Boundary

teknik-shaping-Create-Boundary

Terakhir, adalah Create Boundary.

Teknik ini hampir sama dengan teknik Weld, yaitu untuk menggabungkan 2 atau lebih objek menjadi satu. Bedanya, jika pada teknik Weld objek yang asli akan hilang. Kalau kita pakai Create Boundary, onjek yang asli akan tetap ada, dan akan menghasilkan objek baru(dari penggabungan tadi). Lihat gambar langsung.

belajar-teknik-shaping-di-CorelDRAW-08

Objek baru yang dihasilkan, akan berupa curva yang berbentuk seperti gambar asli. Tapi belum memiliki warna.

Gimana sudah mengerti? pasti langsung bisa.

Jangan lupa langsung dipraktekkan.

Sebenarnya belajar teknik shaping di CorelDRAW sangatlah mudah. Apalagi teknik ini akan sering kalian pakai pada setiap desain kalian. Tidak semua teknik shaping bisa di aplikasikan pada objek gambar. Hanya teknik tertentu yang dapat digunakan. Jadi kalian juga harus mengerti itu.

Ok, sekian dulu artikel tentang belajar teknik shaping di CorelDRAW. Jika ingin dibuatkan tutorial, kalian bisa request di kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga :

Mengganti Background Foto di CorelDRAW, Mudah!

Membuat Tulisan Melengkung di CorelDRAW, Mudah.

Membuat Logo Di CorelDRAW, Mudah dan Keren.

4 Tahap Belajar CorelDRAW Untuk Pemula, Langsung Bisa!

Satu pemikiran pada “Belajar Teknik Shaping di CorelDRAW, Langsung Jago!”

Tinggalkan komentar