Cara Crop Gambar di CorelDRAW, Cepat dan Mudah!

Salam buat para pegiat desain dimanapun kalian berada. Balik lagi di Website Saidoen.com, platform belajar desain grafis secara GRATIS dan tentunya dengan materi yang ringan. Nah, disini saya akan membahas satu topik yang lumayan sering orang-orang tanyain. Yaitu tentang Cara Crop Gambar di CorelDRAW, jadi langsung saja kita mulai pembahasannya.

CorelDRAW adalah software desain grafis yang tentunya sangat lengkap dan nyaman dalam penggunaannya. Didalamnya terdapat berbagai alat/tool yang beragam fungsinya. Termasuk untuk memotong atau meng-crop sebuah gambar atau foto.

Banyak sekali teknik, cara, bahkan tool yang bisa dipakai untuk memotong gambar di Corel. Tentunya dengan model dan hasil yang berbeda-beda.

Contohnya seperti tool Crop Tool, Knife, Eraser, Shape Tool, PowerClip. Ada juga yang menggunakan teknik shaping seperti Intersect, Trim, dan Back Minus Front.

Kalian juga bisa memotong atau menyeleksi sebuah foto dengan menggunakan Pen Tool. Misal kalian ingin membuang background foto yang tidak diinginkan, kalian bisa menyeleksi gambar kalian dengan menggunakan Pen Tool dipadukan dengan Intersect.

Ok, saya akan membahasan satu persatu tools-tools diatas.

Memotong dengan Crop Tool

Crop Tool merupakan alat yang sudah biasa dan banyak terdapat di berbagai software desain grafis lainnya. Fungsinya sama, yaitu untuk memotong objek atau gambar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Umumnya Crop Tool hanya berbentuk kotak atau persegi panjang. Cara pakainya juga mudah, kalian tinggal klik icon Crop Tool.

Kemudian arahkan kursor ke gambar yang ingin di Crop, setelah itu Klik kiri dan tahan. Geser hingga membentuk persegi sesuai dengan gambar yang ingin di ambil.

cara-crop-gambar-di-coreldraw-2

Kemudian akhiri dengan double klik kiri pada gambar. Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini!

cara-crop-gambar-di-coreldraw-3

Memotong dengan Eraser Tool

Eraser Tool merupakan alat yang hampir sama dengan Crop Tool. Hampir disemua software desain garfis pasti memiliki alat ini. Yang membedakan hanya pada cara kerja awalnya saja. Eraser Tool terdapat dalam satu kelompok di dalam CropTool, atau dengan Shortcut ‘X’. Kalian sudah bisa menggunakannya.

Cara kerjanya gampang. Kalian tiggal klik icon Eraser Tool atau tekan tombol ‘X’ pada keyboard. Kemudian pilih dulu penganturan di Status Bar. Atur bentuk dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Kemudian kalian tinggal arahkan kursor ke bagian gambar yang ingin di potong. Klik satu kali pada ujung gambar yang ingin dipotong, kemudian arahkan kursor kebawah. Ke ujung bawah gambar. Lihat gambar dibawah ini.

Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

cara-crop-gambar-di-coreldraw-7

Crop Menggunakan Knife Tool

Seperti namanya, Knife Tool merupakan sebuah alat pemotong yang mirip sebuah pisau. Penggunaan Knife Tool sangatlah mudah dan cepat. Pola potongnya juga bebas, atau kalian bisa membat pola sendiris sesuai dengan gambar kalian. Knife Tool Masih tergabung dalam kelompok Crop Tool, seperti halnya Eraser Tool.

Cara pakainya pun sangatlah mudah dan cepat. Kalian tinggal klik icon Knife Tool, kemudian arahkan kursor pada ujung gambar. Lalu lakukan teknik DRAG & DROP (klik kiri tahan dan arahkan kursor untuk membentuk pola). Lihat hasilnya dibawah ini!

cara-crop-gambar-di-coreldraw-9

Crop menggunakan PowerClip

Cara crop gambar di CorelDRAW selanjutnya adalah dengan menggunakan PowerClip. Cara ini sebenarnya bukan untuk memotong, tapi lebih tepatnya yaitu untuk memasukkan gambar kedalam sebuah objek vektor. Keuntungan menggunakan PowerClip adalah, kalian bisa mengedit tata letak gambar di dalam objek tersebut.

Begini caranya.

  • Pertama, siapakan gambar dan objek yang ingin digunakan.
  • Kemudian, kalian tinggal klik kanan pada gambar, pilih PowerClip.
  • Akan muncul Anak panah besar, kemudian arahkan anak panah tersebut kedalam objek vektor yang diinginkan.
  • Akhiri dengan klik kiri.

Lihat gambar dibawah ini.

Step 1

Step 2

cara-crop-gambar-di-coreldraw-11

Lihat hasilnya dibawah ini.

cara-crop-gambar-di-coreldraw-12

Crop dengan Teknik Shaping

Cara crop gambar di CorelDRAW selanjutnya adalah menggunakan teknik shaping. Sudah tau belum teknik shaping itu apa?

Kalian bisa membaca artikel saya yang berjudul Belajar Teknik Shaping di CorelDRAW. Nah, disana sudah saya jelaskan pengertian dan macam-macam teknik shaping dalam coreldraw.

Dalam teknik shaping sendiri, juga terdapat tool yang bisa digunakan untuk memotong gambar atau objek lainnya. Tapi tidak semua teknik shaping bisa digunakan ya…

Hanya Intersect, Trim, Back Minus Front.

Crop dengan Intersect

Crop menggunakan Intersect sangatlah mudah dan cepat. Bahkan bisa dilakukan kurang dari 1 menit. Caranya pertama kalian harus mempunyai 2 objek, yaitu gambar dan objek vektor. Lihat gambar dibawah!

  • Nah, setelah itu taruh objek lingkaran (atau objek bebas kalian) diatas gambar.
  • Setelah itu kalian blok kedua gambar tersebut (kalian menggunakan tombol Shift).
  • kemudian klik icon Intersect pada Status Bar (lihat gambar dibawah ini).

Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. (Jika kalian masih bingung, kalian bisa baca artikel saya yang pertama tentang teknik shaping).

cara-crop-gambar-di-coreldraw-15

Untuk teknik Trim dan Back Minus Front, kalian bisa baca artikel saya yang sebelumnya tentang teknik shaping. Karena memnag disana, saya menjelaskan dengan detail.

Crop dengan Pen Tool

Nah, cara crop gambar di CorelDRAW selanjutnya adalah dengan menggunakan Pen Tool. Bisa dibilang, teknik ini merupakan seleksi objek. Crop dengan menggunakan pen tool ini, harus dipadukan dengan teknik Intersect, karena memang dasarnya adalah teknik intersect ini.

Pen Tool hanya menyeleksi objek dengan detail dan merata, kemudian Intersect-lah yang akan memotong objek tersebut.

Saya biasanya menggunakan teknik untuk menyeleksi foto, atau untuk mengganti background foto. Kalian bisa baca artikel saya yang berjudul Mengganti Background Foto di CorelDRAW. Disana saya menjelaskan bagaimana pen tool bekerja dan apa keuntungannya.

Nah, itu dia beberapa teknik atau cara crop gambar di CorelDRAW. Kalian bisa mengshare tulisan saya ini, jika memang membantu masalah anda. Jangan lupa untuk belajar dimana saja dan kapan saja, karena itu akan membantu kalian cepat jago desain grafis. Terima kasih!

6 pemikiran pada “Cara Crop Gambar di CorelDRAW, Cepat dan Mudah!”

Tinggalkan komentar