Teknik Dasar Menggunakan Pen Tool di Adobe Illustrator

Salam, buat para pejuang desain. Balik lagi bareng saidoen.com, tempatnya tips dan trik seputar dunia desain grafis. Nah, disini saya akan membuat artikel mengenai teknik dasar menggunakan pen tool di Adobe Illustrator.

Sebenarnya, saya membuat artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan saya kemaren tentang Tahapan Belajar Adobe Illustrator.

Ok, langsung saya mulai saja tutorialnya.

Pengertian Pen Tool

Pen Tool merupakan alat yang digunakan untuk membuat titik-titik path yang berfungsi dalam pembuatan objek atau bentuk yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pen Tool adalah tool wajib dan penting dalam adobe Illustrator, tidak hanya di Illustrator saja. Pen tool juga terdapat di software vektor lainnya. Karena memang alat ini sering digunakan oleh para designer.

Cara menggunakan Pen Tool dalam software Adobe Illustrator sangat mudah, kalian tinggal pergi ke ToolBox sebelah kiri, kemudian klik ikon Pen Tool. Atau cara cepatnya menggunakan shortcut ‘P’.

Pada dasarnya, garis itu ada dua macam. Garis lurus dan garis lengkung.

Untuk membuat garis lurus pada Ai, kalian tinggal klik kiri pada titik awal, dan kemudian arahkan pada titik selanjutnya lalu kik lagi.

Berbeda dengan cara untuk membuat garis lengkung, kalian harus menarik path/titik kedua sesuai dengan kebutuhan kalian.

Membuat Garis Lurus

Teknik dasar menggunakan pen tool pada Adobe Illustrator yang pertama adalah, membuat garus lurus terlebih dahulu. Nah, caranya seperti di atas tadi. Kalian tingga pilih titik pertama dan kedua, tanpa harus menarik node atau anchor pada titik kedua. Lihat gambar dibawah.

Nah, gampangannya cara kerja pen tool adalah menghubungkan titik-titik path sehingga membentuk sebuah objek.

Membuat Garis Lengkung

Setelah kalian mengenali metode kerja pen tool, hingga kalian sudah dapat membuat suatu objek dengan pen tool. Tetapi bila kita cuma menghubungkan titik-titik path secara terus menerus, maka yang terbentuk cumalah suatu wujud path yang kaku di karenakan path yang kita buat hanyalah suatu garis lurus.

Nah, disini saya akan mengajarkan teknik pen tool untuk membuat garis lengkung.

Caranya mudah. Setelah kalian memubuat path kedua, kalian tinggal menarik titik tersebut sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Lihat Gambar di bawah.

dasar pen tool di Adobe Illustrator

Membuat Garis Lurus setelah Garis Lengkung

Nah, biasanya setelah kita membuat garis lengkung, otomatis pen tool akan mengikuti lengkungan dari garis sebelumnya. Nah, jika kalian akan membuat objek yang halus, mungkin kalian tinggal meneruskannya.

Nah, berbeda jika kalian ingin membuat garis lurus setelah garis lengkung pertama. Kalian tinggal arahkan kursor ke titik terakhir path sebelumnya, kemudian klik kiri satu kali. Kalian bisa lihat gambar dibawah ini.

dasar pen tool di Adobe Illustrator

Nah, itu adalah beberapa teknik dasar menggunakan pen tool di adobe illustrator. Jika kalian masih bingung, kalian bisa mencari referensi belajar di youtube atau artikel lainnya. Terima kasih!

Satu pemikiran pada “Teknik Dasar Menggunakan Pen Tool di Adobe Illustrator”

Tinggalkan komentar