Lulusan Salah Server

Hay, para pembaca. Mungkin disini saya tidak akan membuat tips dan trik seputar desain grafis. Soalnya ini saya lagi pusing. Banyak banget permasalahan.

Saya lagi pengen nostalgia aja nih,

Saya punya cerita menarik nih, Pas waktu SMA.

Dan setelah lulus.

Banyak banget kenangan-kenangan dulu, dari yang senang sampai sedih dan nyakitin. Mungkin saya akan rangkum jadi beberapa topik pembicaran saja. Biar kalian juga ngga bingung bacanya. OK.

Awal Masuk SMA

lulusan salah server
http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/ddb3865d-61c6-4cb6-9560-28d4639e4c2e

Sebenernya sih ngga ada pikiran buat masuk SMA Negeri 1 Kayen. Karena kendala dari biaya. Saya juga pengennya malah sekolah di swasta aja. Biar lebih bebas.

Maaf, dulu saya rada’ nakal. Tapi ngga nakal-nakal banget.

Ibuk pengennya saya masuk pesantren. Asal kalian tahu, anak ibuk semuanya pernah di pesantren kecuali saya.

Dan sekarang, saya menyesal banget. Kenapa dulu saya ngga mau di masukkin pesantren. Tapi emang bener kata orang, penyesalan itu datengnya belakangan. Maaf ibuk…

Saya masuk SMA Negeri karena di ajak sama temen-temen satu angkatan waktu SMP. Banyak bangen temen-temen yang masuk SMA ini. Ya udah, saya ikut daftar disitu. Dan akhirnya juga ke terima.

Ngga lama, saya udah punya banyak temen. Dari seangkatan sama saya, sampai kaka kelas. Sebenernya saya bukan tipe orang yang gampang banget untuk bersosialisasi dan mencari teman. Saya orangnya pendiam, tapi saya punya temen yang dia itu jago kalau soal nyari temen.

Semakin kesini, bukannya semakin baik. Malah saya semakin rada bandel. Tapi saya masih punya tanggung jawab, untuk tidak membebani orang tua dalam hal biaya sekolah.

Akhirnya saya inisiatif untuk ikut beasiswa. Pertama dulu ada yang namanya Kartu Indonesia Pintar dari program pemerintah. Saya dapat kartu itu ari Pak RT di kampung saya. Akhirnya saya tanyakan kepada guru tentang gimana caranya memakai kartu itu.

Singkat cerita akhirnya saya dapeet bantuan dari KIP. Yaa, lumayan lah untuk bayar bulanan sekolah.

Setelah itu, ada pengumuman dari sekolah, akan diadakan beasiswa untuk siswa miskin berprestasi. Yang di diadakan oleh pemerintah daerah.

Saya iseng-iseng untuk ikut dan daftar. Dan alhamdulillah, saya dapet beasiswa itu.

Nah mulai dari situ, pembayaran sekolah bisa tercover oleh beasiswa…

OTW Bali

lulusan salah server

Biasanya setiap sekolah, pasti ngadain tour untuk siswanya. Khususnya untuk kelas 11 SMA, mungkin karena kelas 11 ngga terlalu banyak tanggungan.

Kalau kelas 10 kan masih baru, dan kelas 12 pasti udah mikirin UN.

Nah ini cerita saya pas tour ke Bali.

Sebenernya saya udah pernah tour ke Bali, waktu SMP. Dan mungkin karena masih kecil, jadi ngga terlalu berkesan.

Saya punya cerita lucu sekaligus memalukan. Menurut saya itu hal paling memalukan dalam hidup saya. Jadi gini ceritanya.

Waktu kelas 11 atau kelas 2 SMA, saya pernah seneng sama temen satu kelas sendiri. Ya dia luamayan cantik, dan banyak temen-temen cowok yang suka sama dia.

Nah, ternyata ada lagi temen saya satu kelas, naksir juga sama tu cewek.

Jadi dulu tu kayak rebutan gitu. Pas mau piknik apa lagi…

Nyampe milih bangku aja harus nunggu tu cewek milih duluan.

Nah, lama-lama. Ternyata tu cewek udah punya cowok, katanya mau tunangan. Setelah tau itu. Ya akhirnya cuman bisa pasrah.

Gila!! nyampe nangis saya denger itu. (Sumpah, malu kalo di inget-inget lagi).

Akhirnya, lambat laun.  Saya bisa nerimanya dan hubungan sama temen saya yang cowok tadi jadi mulai baik. (Karena sama-sama sakit hati kali yaa, Hahaha).

10 Jam di Sekolah

lulusan salah server

Bayangin, kalian harus berada di sekolah selama 10 jam, dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Dulu saya pernah ngerasain moment itu.

Dulu waktu saya kelas 12, peraturan baru dari pemerintah dikeluarkan. Bahwa akan ada penambahan jam pelajaran. Kalau untuk kelas 10 dan 11 mah enak pulangnya rada siangan. Karena ngga ada les untuk persiapan UN.

Angkatan saya itu pokoknya tersiksa, kenapa?

Karena angkatan saya menjadi bahan percobaan, dari sistem sekolah full day dan UNBK yaitu UN yang berbasis komputer.

Sumpah. Saya tersiksa dulu.

Sekolah pulang jam 5 sore, sampai rumah setengah 6. Nggga ada istirahat, langsung bantuin ibuk sama kaka. Abis itu magrib.

Kalau menurut saya, Sistem Full Day itu ngga baik untuk akademis siswa. Karena apa? siswa dipaksa untuk belajar full seharian dan harus mengusai semua mata pelajaran. Kan Jancok!!

Siswa akan tersiksa dengan itu. dan bakat siswa tidak akan berkembang.

Saran saya nih, sekolah lebih fokus kepada bakat dan minat siswa. Agar siswa dapat mengembangkan itu. Siswa tidak akan tertekan dengan banyaknya mata pelajaran yang ngga jelas.

Boleh ada penambahan pelajaran, tapi mungkin hanya sekedar pengetahuan bagi siswa. Siswa tidak perlu di target harus mendapat nilai diatas rata-rata. Nilai tidak menentukan pintar engga nya seorang siswa.

Dengan adanya nilai, menurut saya malah membuat siswa semakin kreatif dalam hal mencontek.

Yang harus di utamakan adalah kejujuran dan keahlian seorang siswa. SMA seharusnya menjadi batu pijakan pertama bagi siswa untuk tau akan keahliannya. sebagai bekal di dunia yang sebenarnya.

Untuk tenaga pengajarnya juga harus lebih melakukan pendekatan kepada siswa.

Katanya guru adalah orang tua siswa di sekolah, tapi kenapa banyak guru yang hanya peduli kepada kepentigan pribadinya, dan banyak juga yang pilih kasih terhadap siswa-siswa yang baik saja.

Guru adalah pengayom bagi semua siswanya.

Terakhir, Saya mengutip perkataan dari Syaikhona Maimoen Zubair ;

“Jadi guru itu tidak usah punya niat bikin pintar orang, nanti kamu hanya akan marah-marah ketika melihat muridmu tidak pintar. Ikhlasnya jadi hilang. Yang penting niat menyampaikan ilmu dan mendidik yang baik. Masalah muridmu kelak jadi pintar atau tidak, serahkan pada Allah. Didoakan terus menerus agar muridmu mendapat hidayah.” 

Setelah Lulus

Saya ngga kepikiran saya akan sampai seperti ini.  Karena ini dulu bukan dunia saya.

Saya anak IPS, paling suka pelajaran Sejarah dan Akuntansi, ngga ada bakat dalam hal pc dan masalah digital teknology.

Dulu saya hanya berfikir, jika saya sudah lulus mungkin saya akan bekerja di luar negeri (dari dulu sampai sekarang kerja di luar negeri itu keren dan banyak duitnya). Kaka saya yang nomor 2 juga akan membiayai semuanya.

Yaaa, jadi saya pasrah saja.

Tapi nasib berkata lain.

Waktu itu, setelah selesai UNBK dan setelah acara perpisahan di sekolahan. Kaka saya nomor satu yang ada di Jakarta telfon. Saya disuruh ikut saja ke Jakarta, saya bingung. Gimana ini.

Kemudian saya nanya sama ibuk, baiknya gimana.

Ibuk akhirnya nyuruh untuk ikut sama kaka di Jakarta. Sorenya saya langsung beli tiket bus, dan berangkat ke Jakarta sendiri.

Gak lama disana, saya disuruh belajar laptop. Dan disuruh belajar desain grafis.

Pertamanya susah banget. Itupun harus belajar sendiri, sya hanya bisa nyari di Google dan tutorial di Youtube. Baru mulai sedikit-sedikit mengerti.

Makin lama, kok makin seneng sama desain. Mungkin karena memang bakat saya dari kecil itu gambar. Jadi klop gitu.

Tapi Alhamdulillah, ada berkahnya.

Udah, sampai sini aja. Nanti kalau ada waktu dilanjut lagi.

Sekian dan terima kasih.

2 pemikiran pada “Lulusan Salah Server”

Tinggalkan komentar