Membuat Logo Di CorelDRAW, Mudah dan Keren.

Salam desain semua. Ini merupakan tutorial pertama saya. Yaitu bagaimana cara membuat logo yang keren di CorelDRAW. Tapi dengan cara yang mudah dan cepat. Artikel ini bisa kalian akses juga di “4 Tahap Belajar CorelDRAW untuk Pemula, Langsung Bisa!”.

Untuk para pemula, tutorial ini sanga cocok. Karena disini saya akan mengajarkan trik yang perlu kalian ketahui dalam bermain di CorelDRAW X7.

Di era sekarang, zamannya dimana teknologi informasi dan komunikasi yang sudah mengalami upgrade. Manusia di tuntut untuk ikut dalam perkembangan itu. Dalam dunia desain grafis pula. Sekarang banyak perusahaan, berlomba-lomba untuk membuat tampilan produk mereka di sosial media dan website mereka agar terlihat kekinian.

Designer dituntut untuk membuat tampilan konten yang lebih soft dan santai. Seperti desain di bawah ini.

membuat logo di coreldraw

Ok, saya mulai tutorialnya.

1. Buat Kertas Kerja Baru

Pertama, kalian buat kertas kerja baru. Atur sesuai dengan kebutuhan kalian. Saya sarankan pilih kertas A4 atau A3, agar logo yang dihasilkan nanti beresolusi HD.

membuat logo di coreldraw

2. Buat Gambar Logo di Kertas

Untuk mempermudah kalian dalam membuat logo di CorelDRAW. Kalian bisa membuat skect nya di kertas dulu. setelah itu import file gambar ke CorelDRAW kalian. Usahakan gambar yang kalian import memiliki resolusi yang tinggi.

membuat logo di coreldraw

3. Seleksi Gambar menggunakan 3-Point Curve

Langkah selanjutnya, kalian bisa menyeleksi gambar menggunakan tool 3-point Curve atau pen tool. Kalau saya lebih sering menggunakan 3-point Curve Tool. Karena lebih mudah bagi saya.

Sebelum kalian menyeleksi gambar, kalian bisa kurangi transparansi dari gambar tersebut.

Jika sudah, kalian bisa langsung menyeleksi gambar tersebut.

Caranya kalian tinggal klik kiri (drag)- kemudian tarik sesuai lekuk gambar – jika sudah pas, kalian bisa lepaskan.

membuat logo di coreldraw

4. Perbaiki dengan Shape Tool

Setelah kalian selesai menyeleksi gambar dengan tool 3-Point Curve. Pasti ada curva yang tidak lurus dan sesuai dengan gambar. Caranya, kalian tinggal perbaiki dengan Shape Tool.

Caranya, kalian tinggal pilih Shape Tool – Kemudian arahkan kursor pada kurva yang masih berantakan – Kalian tinggal Klik kiri pada titik kurva – akan muncul anak panah yang mengarah ke kedua arah – klik anak panah dengan cara kalian drag sesusai dengan gambar.

5. Pemberian Warna

Setelah proses perbaikan selesai. Hasilnya akan seperti ini.

Proses selanjutnya yaitu pemberian warna dasar. Kalian bisa kreasikan sesuai keinginan. Tapi jika ingin mengikuti gambar diatas, saya akan memberi code warna dasar dan warna gradasi. Lihat gambar di bawah ini :

Setelah di beri warna hasilnya akan seperti ini.

membuat logo di coreldraw

6. Gradasi Warna

Disini saya akan mengajari kalian gradasi warna. Di dalam CorelDRAW terdapat Tool khusus untuk gradasi warna, namanya Interactive Fill Tool.

Caranya, kalian pilih salah satu objek curva – klik Interactive Fill Tool, tempatnya ada di paling bawah bagian ToolBox.

membuat logo di coreldraw

Klik Interactive Tool – Kemudian kalian menuju ke Status Bar – Pilih Fountain Fill – setelah itu akan muncul garis bantu pada objek yang dipilih.

klik kiri pada kotak warna kecil yang ada di ujung garis, akan muncul kotak dialog seperti ini.

Kalian dapat mengatur warna pada kotak dialog tersebut. Kalian juga dapat mengatur posisi gradasi, dengan cara kalian klik kiri (drag) tahan pada kotak kecil warna yang ad di ujung garis – Kemudian pindahkan sesuai Keinginan kalian.

7. Ulangi cara nomor 6 pada setiap objek curva

Kemudian ulangi cara nomor 6 pada setiap objek curva, hingga dirasa sudah cukup. Kemudian kalian Blok atau seleksi semua objek – setelah itu kelompokkan jadi satu dengan Tool Group Objects.

Sebenarnya ini langkah terakhir. Kalian bisa menambahkan sendiri backgroundnya. Dengan cara membuat kotak dengan Ractangle Tool. – Sesuai kan dengan kertas kerja kalian – beri warna sesuai dengan keinginan – setelah itu klik To back of Layer  pada Status Bar sebelah kanan.

Otomatis background akan berada di belakang objek.

Dan kalian juga bisa menambahkan tulisan sesuai keinginan kalian.

Mudahkan membuat logo di CorelDRAW!

Jika kalian masih bingung, kalian bisa belajar di sini juga.

OK, sekian tutorial membuat logo di CorelDRAW X7 menurut saya. Kalian bisa bertanya di kolom komentar jika masih kurang paham.

Salam Pejuang Desain.

5 pemikiran pada “Membuat Logo Di CorelDRAW, Mudah dan Keren.”

Tinggalkan komentar