Mengenal Paintbrush Tool dan Brush Panel di Illustrator

Salam para pegiat desain grafis. Balik lagi nih di website Saidoen.com, tempatnya tips dan trik seputar dunia desain grafis. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai mengenal Paintbrush tool dan brush panel yang ada di Illustrator.

Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan artikel saya pertama yang berjudul Tahapan Belajar Adobe Illustrator, Mudah dan Cepat!

Nah, sebagian besar para pemula yang sedang belajar adobe illustrator, biasanya masih takut dan ragu untuk menggunakan brush tool ini. Mungkin yang sebagian banyak pemula mengira bahwa paintbrush tool sangatlah rumit dan memakan waktu banyak.

Hal ini menjadikan banyak para pemula yang mengabaikan tool yang satu ini. Padahal tool ini memiliki banyak variasi dan fitur untuk kebutuhan seperti membuat tulusan artistik, logo, poster, background, dan masih banyak lagi.

Penggunaanya juga tidaklah rumit, karena kalian hanya tinggal membuat pola dan mengeditnya di brush panel yang disediakan oleh adobe illustrator sendiri.

Jadi tunggu apa lagi?

Ayo belajar Paintbrush Tool dan Brush Panel.

Apa itu Paintbrush Tool?

Paintbrush Tool merupakan tool khusus yang ada di Adobe Illustrator yang digunakan untuk membuat sebuah objek artistik, bisa berupa garis, gambar, border, dan lain-lain. Tool ini sangat sering digunakan oleh para designer professional, terutama dibidang pembuatan animasi atau poster dan sejenisnya.

Paintbrush Tool sendiri memiliki banyak fungsi yang sangat membantu dan mempermudah pekerjaan dalam pegeditan.

Hal ini menjadikan banyak sekali tutorial-tutorial yang membahas tentang Paintbrush saja.

Nah, jika kita berbicara mengenai mengenal Paintbrush Tool, pasti tidak bisa dipisahkan dengan pasangannya. Yaitu Brush Panel atau biasa disebut dengan Brushes.

Apa itu Brush Panel?

Brush Panel merupakan sebuah panel yang khusus untuk mengedit, mengolah, menambahkan, dan mengatur sebuah objek yang kita buat dengan paintbrush tool. Dalam Brush panel ini terdapat berbagai jenis dan model brush yang bisa kalian pilih.

Kalian juga bisa mengatur dan membuat sendiri pengaturan brush yang sesuai dengan keinginan kalian. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Mengenal-Paintbrush-Tool-dan-Brush-Panel-di-Adobe-Illustrator-2

Saya menggunakan Adobe Illustrator CC 2018, jadi tampilan Brush Panel berada pada sebelah kanan lembar kerja. Saya akan menjelaskan sedikit tentang apa saja yang ada di Brush Panel.

Mengenal-Paintbrush-Tool-dan-Brush-Panel-di-Adobe-Illustrator-3-1

  • Drop Down Menu => Dalam Drop Down Menu terdapat berbagai macam pengaturan brush, menu ini bisa dibilang sebagai menu utamanya atau menu lengkapnya. Karena semua pengaturan terdapat dalam menu drop down.
  • Brush Libraries Menu =>  Berisi berbagai macam brush yang bisa kita pilih dan pakai untuk membuat objek, disini juga dapat untuk menyimpan pengaturan brush yang kita buat sendiri.
  • Libraries Panel => Libraries Panel merupakan panel library yang menyambung ke akun adobe kalian masing-masing, icon ini termasuk hanya ada di adobe illustrator CC 2018.
  • Remove Brush Stroke => Icon ini berfungsi untuk menghilangkan efek brush pada sebuah objek yang kalian buat.
  • Options Of Select Object => Icon ini berfungsi untuk mengatur atau mengedit objek brush yang kita pilih. Nantinya akan keluar kotak dialog baru yang berisi pengaturan objek brush.
  • New Brush => Icon ini berfungsi untuk membuat brush baru.
  • Delete Brush => Icon ini berfungsi untuk menghapus pengaturan brush yang sudah kalian buat.

Nah, itu sedikit penjelasan mengenai mengenal paintbrush tool dan brush panel di illustator.

Jenis-Jenis Brush pada Adobe Illustrator CC 2018

Dalam Adobe Illustrator CC 2018 jenis brush mengalami pembaharuan dan penambahan. Terdapat lima jenis brush didalamnya. Sedangkan di versi-versi sebelumnya, jenis brush hanya empat. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini :

Calligraphic Brush

Calligraphic Brush atau brush kaligrafi berfungsi untuk membuat efek tulisan kaligrafi dalam membuat objek. kalian dapat mengatur derajat kemiringan dan ketebalan sebuah objek yang akan kalian buat. Brush ini cocok untuk kalian yang suka membuat tulisan artisitik dan unik.

Mengenal-Paintbrush-Tool-dan-Brush-Panel-di-Adobe-Illustrator-4

Scatter Brush

Scatter Brush bisa diartikan sebagai brush peniru atau mengkopi objek yang sudah ada. Brush ini berfungsi untuk membuat salinan sebuah objek yang sudah kalian buat, dengan penerapan dari sebuah garis. Scatter Brush ini akan sangat membantu kalian yang ingin mmebuat dekorasi atau pattern style.

Art Brush

Art brush merupakan brush yang digunakan untuk membuat efek seni kuas atau yang lainnya. Art brush dibuat dengan membuat objek pertamanya dulu. Setelah itu kalian tinggal menggunakan pengaturan art brush yang sudah kalian buat pertama.

Mengenal-Paintbrush-Tool-dan-Brush-Panel-di-Adobe-Illustrator-6

Bristle Brush

Bristle Brush merupakan fitur brush baru yang ada dalam adobe illustrator CC 2018. Brush ini digunakan untuk membuat efek kuas. ada berbagai macam efek dalam Bristle brush ini, kalian tinggal pilih mana yang cocok untuk desain kalian sendiri.

Pattern Brush

Pattern Brush digunakan untuk membuat sebuah pola yang sama, dan kemudian diaplikasikan pada sebuah jalur atau garis yang kalian buat. Biasanya mempunyai bentuk yang sama dan terstruktur.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai pengenalan paintbrush tool dan brush panel di illustrator. Banyak sekali artikel dan video turorial yang membahasan khusus tentang brush, kalian bisa mencari referensi brush di freepik.com dan platform design lainnya. Sekian dari saya, jika ada kekurangan saya mohon maaf. Terima kasih!

Tinggalkan komentar