Perbedaan Vektor dan Bitmap, Pemula Wajib Tau!

Salam buat para pegiat desain, balik lagi di website Saidoen.com. Tempatnya tips dan trik seputar desain grafis. Nah, Kemarin saya, sudah membahas mengenai belajar desain grafis. Sekarang saya akan memberikan pengetahuan mengenai pengertian dan perbedaan Vektor dengan Bitmap. Bagi kalian yang masih pemula dalam dunia desain grafis, kalian wajib mengetahui materi ini.

Nah, bagi kalian para pemula, pastinya sudah mulai sering dengar mengenai kata bitmap dan vektor. Tapi apakah kalian tahu arti dan bedanya kedua kata itu?

Nah, disini saya akan jelaskan secara detail dan merinci mengenai kedua hal tersebut. Jadi simak baik-baik yaaa….

Apa itu Vektor?

Vektor merupakan suatu gabungan atau kombinasi antara titik dan garis hingga membentuk sebuah kurva atau objek, dengan menggunakan rumus matematika tertentu.

Umumnya gambar vektor memiliki kualitas yang sangat tinggi, gambar vektor dapat di perbesar sesuai dengan kebutuhan dan tidak mengurangi kualitas tampilan gambarnya. Atau bisa dibilang gambar vektor tidak akan blur atau pecah saat di zoom.

Gambar vektor juga memiliki ukuran file yang relatif kecil, karena seperti yang saya katakan diatas. Gambar vektor terdiri dari titik dan garis yang saling terhubung.

Ada beberapa software desain grafis yang berbasis vektor, contohnya CorelDRAW, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand, Xara, Serif Drawplus, dan masih banyak lagi. Tapi kebanyakan designer grafis sekarang, menggunakan software CorelDRAW dan Adobe Illustrator.

Termasuk saya, saya lebih sering menggunakan CorelDRAW untuk membuat atau mendesian sebuah project.

Dibawah ini adalah gambar vektor yang sudah saya buat.

perbedaan-vektor-dan-bitmap-1

dan ini adalah hasil dari zoon in atau perbesaran gambar diatas.

Grafis vektor tidak akan mengalami penurunan kualitas gambar jika di zoom in.

Apa itu Bitmap?

Bitmap merupakan sebuah grafis yang terdiri dari kumpulan titik-titik, atau biasa disebut pixel yang memiliki banyak warna. Pixel yang banyak dengan berbagai warna pula, disusun sedemikian rupa dan terbentuklah sebuah gambar.

Biasanya gambar bitmap disebut juga dengan Raster. Pixel atau titik-titik warna tersebut memiliki sebuah nilai yang diawali dengan angka 1 bit, atau warna hitam atau putih. Jika memiliki warna yang berbeda (merah, biru, kuning, dsb.), biasanya ukurannya juga akan berbeda pula. Itulah sebabnya ukuran file gambar bitmap sangatlah besar. Karena di setiap titik pixel itu sudah memiliki ukuran.

Bayangkan, satu gambar bisa memuat sampai beribu-ribu pixel.

Lihat gambar dibawah ini, ini adalah sebuah foto.

perbedaan-vektor-dan-bitmap-3

Kemudian saya zoom in atau saya perbesar. Lihat hasilnya.

Hasilnya akan blur atau pecah.

Gambar yang menggunakan format bitmap maka software yang bisa digunakan seperti Corel photo paint, Adobe Photoshop serta paint.

Perbedaan Vektor dan Bitmap

Nah, setelah kalian mengetahui pengertian tentang vektor dan bitmap diatas, sekarang saya akan menjelaskan mengenai perbedaan vektor dan bitmap. Simak beberapa point dibawah ini.

1. Ukuran File

Perbedaan vektor dan bitmap yang pertama adalah dalam segi ukuran file yang dimiliki kedua grafis tersebut. File vektor terbilang sangat kecil, karena vektor terbentuk dari gabungan titik dan garis. Sedangkan Bitmap memiliki ukuran file yang relatif besar, karena disetiap pixel warna bitmap, memiliki ukuran yang berbeda.

2. Susunan Grafis

Perbedaan yang kedua adalah terletak pada susunan grafisnya. Vektor disusun dengan objek geometris dengan rumus matematis tertentu. Sedangkan Bitmap disusun dalam objek yang benbentuk pixel.

3. Ketika di-Zoom

Perbedaan ketiga adalah pada saat ketika kedua grafis tersebut di zoom(diperbesar atau diperkecil). Sebuah gambar yang berformat vektor ketika di-zoom tidak akan menurunkan kualitas gambar, atau gambar tidak akan pecah/blur. Sedangkan gambar yang berformat bitmap akan mengalami penuruan kualitas gambar jika di-zoom, gambar akan blur(akan terlihat kotak-kotak).

4. Kegunaan

Perbedaan yang ke-empat adalah terletak pada kegunaannya. Gambar yang berformat vektor biasanya digunakan untuk desain ilustrasi, seperti membuat logo, poster, spanduk, dan lain-lain. Sedangkan gambar dengan format bitmap biasanya digunakan untuk penggunaan warna yang beragam seperti foto.

5. Sifat Keduanya

Perbedaan yang terakhir adalah terletak pada sifat vektor dan bitmap sendiri. Gambar dengan format vektor memiliki sifat yang tidak dipengaruhi dengan resolusi. Sedangkan gambar yang berformat bitmap memiliki sifat yang dipengaruhi dengan resolusi.

Nah, itu dia pembahasan mengenai perbedaan vektor dan bitmap. Kalian juga bisa belajar mengenai perbedaan warna di artikel saya yang berjudul Perbedaan warna CMYK dan RGB.

Tinggalkan komentar