Tahapan Belajar Adobe Illustrator, Mudah dan Cepat!

Salam para pegiat desain grafis, khususnya di dunia vektor. Pada bacaan ini saya akan memberikan tips belajar cepat dan mudah software Adobe Illustrator. Untuk kalian yang masih bingung mau belajar illustrator, mulai dari mana. Kalian wajib baca ini! Simak Tahapan Belajar Adobe Illustrator, Mudah dan Cepat.

Dunia desain grafis sekarang memang sedang banyak digemari oleh semua kalangan, terutama desain vektor. Karena memang sekarang, hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan designer vektor. Entah untuk membuat konten sosial media, poster, spanduk, animasi, dan lain-lain.

Karena memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, kemajuan teknologi mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Banyaknya inovasi dan percepatan, membuat manusia mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan keadaan itu.

Termasuk dibidang desain grafis. Banyak sekali software desain grafis saat ini, tetapi ada beberapa yang banyak digunakan para designer professional. Kalian bisa baca di artikel Software Desain Grafis Terbaik 2020.

Ok, langsung saja tips Tahapan Belajar Adobe Illustrator, untuk pemula mudah dan cepat untuk dipahami.

1. Kenali Adobe Illustrator

logo-adobe-illustrator

Seperti biasa, jika kalian ingin mudah dan cepat dalam mempelajari suatu hal. Kenali dulu hal itu, bagaimana seluk beluknya. Karena semua hal di dunia ini memiliki ruh (guru saya bilang begitu). Hal itu juga berlaku pada Adobe Illustrator.

Adobe Illustrator merupakan sebuah software desain grafis, pengolah dan pengedit gambar yang berbasis vektor. Adobe Illustrator dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar perangkat lunak, yaitu Adobe Systems, yang bermarkas di San Jose, California, AS.

Adobe Illustrator adalah standar software desain grafis yang digunakan oleh para designer profesional saat ini. Karena memang Adobe Illustrator memiliki banyak sekali tools yang khusus untuk itu. Ditambah, Adobe Illustrator juga dapat terintegrasi dengan software Adobe lainnya. Seperti After Effect, Adobe Premiere, dan lainnya.

Selain itu, Adobe Illustrator dapat menangani file-file gambar atau desain yang berukuran besar. Karena memang software ini dirancang dengan performa yang handal. Tetapi, juga harus didukung perangkat yang memadai.

Adobe Illustrator juga menjadi primadonanya para animator. Karena dengan terintegrasinya Adobe Illustrator ke software Adobe After Effect, banyak sekali animator menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat rancangan desain animasinya disini.

Jadi, kalian tinggal pilih. Mau belajar Adobe Illustrator tentang apa dan untuk apa.

2. Pahami Tools Adobe Illustrator

Pengenalan sudah kalian lakukan. Tahap selanjutnya dalam belajar Adobe Illustrator adalah, memahami Tools dan bagian-bagian AI itu sendiri. (Mulai sekarang saya menyebut Adobe Illustrator dengan singkatan ya).

Nah, sebelum kalian belajar untuk memahami. Kalian harus punya dulu sofwarenya. Download disini.

Setelah kalian download dan install. Kalian langsung buka saja. Dan kalian akan mememukan jendela seperti di bawah ini.

tahapan-belajar-adobe-illustrator

Ini adalah tampilan awal di software Ai, kalian bisa langsung tekan Create New. Akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini :

tahapan-belajar-adobe-illustrator

Nah, disini kalian atur kertas kerja kalian. Dari ukuran hingga modelnya. Kalian juga bisa langsung memberi nama kertas kerja tersebut. Lalu klik Create.

Ini adalah tampilan Ai, terdapat beberapa bagian didalamnya. Kalian bisa pelajari bagian-bagian Ai di artikel saya yang berjudul Bagian-Bagian Adobe Illustrator.

3. Kuasai Tools-nya

tahapan-belajar-adobe-illustrator

Tahap berikutnya adalah, kalian harus bisa menguasai tools-tools penting yang ada Ai. Karena ini penting!

Tidak harus semua tools kalian kuasai bersamaan, itu malah akan membuat tambah pusing kalian. Dan ujung-ujungnya berhenti dijalan. Dalam mempelajari tools, memang harus dilakukan langsung atau dengan praktek, kalian juga bisa belajar lewat youtube mengenai tutorial menggunakan tools-tools yang ada di Ai.

Butuh waktu dan jam terbang yang padat, agar kalian cepat mahir menggunakan tools-tools dalam Ai. Tidak bisa langsung bisa begitu saja. Nikmati saya prosesnya!

Ada 5 tools penting yang wajib kalian pelajari, dan kalian harus kuasai itu. Antara lain :

  1. Pen Tool
  2. Clipping Mask
  3. Pathfinder
  4. Appearance
  5. PaintBrush Tool

5 tools ini akan sangat berguna, dan kalian akan sering menggunakannya. Kalian bisa pelajari lebih lanjut mengenai 5 tools itu, dan tools-tools lainnya di artikel saya yang berjudul Mengenal Menu dan Tools Adobe Illustrator.

4. Langsung Aksi

Langkah terakhir adalah aksi. Semua hal yang kalian pelajari dengan benar dan sungguh-sungguh, tetapi tidak kalian lakukan secara langsung. Itu akan sia-sia saja. Semua imajinasi dan angan-angan kalian, akan tetap menjadi imajinasi belaka.

Lakukan aksi langsung, jangan takut gagal atau salah. Karena sebuah proses adalah tempatnya gagal. Dan gagal itu bukan sebuah akhir. Coba lagi dan lagi. Harus mau belajar dari sumber mana saja.

Untuk kalian yang baru belajar Ai, jangan putus asa dan patah semangat jika salah. Dan jangan mudah merasa bosan, karena pemikiran kalian. Lakukan hal-hal yang baru, buatlah desain yang mudah-mudah dulu. Biasakan diri kalian dengan tools-tools yang ada.

Kalian bisa ikuti panduan membuat desain mudah di artikel saya.

Terimakasih, sekian dulu tips dari saya tentang Tahapan Belajar Adobe Illustrator. Tetap semangat dalam belajar. Kalian pasti bisa.

Salam pejuang desain.

6 pemikiran pada “Tahapan Belajar Adobe Illustrator, Mudah dan Cepat!”

Tinggalkan komentar