Tips Membuat Flat Design, Kalian Harus Pelajari!

Flat design merupakan teknik desain yang lagi ngetrend, dari beberapa tahun sampai sekarang. Di artikel ini, saya akan mencoba jelaskan tips membuat flat design. Untuk kalian para pegiat desain yang ingin belajar mengenai flat design. Dan kalian yang masih bingung harus mulai dari mana.

Kalian juga bisa belajar tentang apa itu flat design, dan bagaimana sejarahnya. Baca saja di artikel saya yang berjudul Flat Design, Pengertian dan Contohnya.

Flat desain merupakan hal yang paling indah dengan kesederhanaannya, menurut saya. Saya suka sekali melihat template, poster, bahkan konten yang menggunakan teknik flat design. Dengan gambar yang sederhana, flat design tetap tidak meninggalkan arti dan nilai dari apa yang disampaikannya. Hal ini lah yang membuat flat design menjadi trend bagi para pegiat desain.

Berikut beberapa tips membuat flat design untuk kalian.

Buatlah Sketsa

tips-membuat-flat-design-1

Nah, untuk kalian yang baru belajar teknik flat design, saya sarankan untuk membuat sketsa terlebih dahulu. Buat sketsa di kertas, dengan sederhana. Mungkin hanya garis dan perpaduan Geometris. Buatlah sketsa seperti kalian menggambar waktu kecil, hanya gambar sederhana.

Ini nantinya akan sangat membantu kalian dalam mengonversi gambar di kertas ke CorelDRAW atau Adobe Illustrator.  Flat design adalah teknik tercepat untuk mengubah gambar sederhana dari kertas menjadi seni vektor yang sempurna.

Fokus Pada Kesederhanaan Objek

tips-membuat-flat-design-2

Sederhana adalah makna lain dari flat design. Teknik ini mengutamakan simpel dan disajikan dengan sangat bersih, namun tidak meninggalkan karakteristik objek tersebut. Inilah kenapa flat design banyak dijumpai akhir-akhir ini.

Flat design sangat cocok untuk membuat icon, desain karakter, template web, bahkan template aplikasi. Kesederhanaan inilah yang menjadi daya tarik dari flat design.

Tanpa Efek

Flat design lahir karena adanya kesederhanaan. Jika masih terdapat elemen da efek tiga dimensi, itu bukan flat design.

Dalam tips membuat flat design, hal ini sangat penting dan kalian harus ingat-ingat. Untuk membuat flat design jangan sampai memakai efek seperti, gradien, blur, glow, tekstur, pencahayaan, dan overtone. Teknik flat design adalah cara visualisasi objek dua dimensi. Selain itu, objek yang kompleks akan disesusaikan dan disederhanakan.

Karena sekarang bentuk yang sederhana akan sangat mudah dipahami banyak orang. Dalam membuat flat design, kalian harus benar-benar membuat desain terlihat minimalis dan bersih.

Pemilihan Warna

tips-membuat-flat-design-3

Aspek ini sangat penting dalam teknik flat design. Pemilihan warna yang cerah dan berani adalah karakteristik dari flat design itu sendiri. Perpaduan warna yang cerah, berani, bersemangat, dan jenuh sangat penting untuk desain flat.

Pemilihan warna pada flat design sebenarnya tidak terbatas, tapi bagaimana kalian harus bisa memadukan warna-warna tersebut agar telihat nyaman dan tidak berantakan.

Jika kalian sudah mahir dalam dunia desain, dan mengusai pewarnaan objek. Kalian dapat bermain-main dengan palet warna yang tersedia di Corel dan Adobe Illustrator.

Tapi jika kalian masih pemula dalam hal itu, saya ada solusinya.

Ini adalah layanan Adobe Color CC, kini kalian dapat mengaksesnya langsung lewat website atau produk dari Adobe itu sendiri. Alat ini sangat fleksibel dan mudah dalam penggunaannya. Alat ini akan membatu kalian untuk membuat palet warna kalian sendiri.

Ada beberapa layanan serupa, antara lain yaitu Coolors, FlatUIColors.com oleh Designmodo. Dan masih banyak lagi.

Belajar Teliti

Walau flat design dikenal dengan sederhana, bukan berarti pembuatannya cepat dan meninggalkan ketelitian. Masalah yang sering muncul adalah desain yang sudah bagus, tapi tidak menarik.

Ketelitian disini sangat dibutuhkan. Dalam membuat flat design dibutuhkan pengalaman. Cobalah untuk berlatih setiap hari, dengan berbagia model dan type flat design. Hal ini akan menjadikan kalian terbiasa, dan akan mudah untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kecil.

Penambahan Bayangan Panjang

Ini adalah fitur penting bagi flat design. Yaitu bayangan panjang.

Bayangan ini identik dengan kemiringannya yang 45 derajat, dan memiliki panjang lebih besar 2 kali dari objek aslinya. Akibatnya, bayangan panjang benar-benar membawa lebih jauh ke flat design. Ini adalah salah satu cara untuk menjaga flat design kalian tetap menarik dan sederhana.

Nah, mungkin sekian dulu tips membuat flat design. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berusaha. Nanti bakal ada tips-tips menarik lainnya dari saya. Tungguin aja.

4 pemikiran pada “Tips Membuat Flat Design, Kalian Harus Pelajari!”

Tinggalkan komentar